10 Makanan Khas Natal: Indonesia hingga Penjuru Dunia

Makanan khas natal yang bisa menjadi inspirasi hidangan untuk hari raya natal. Berbagai menu populer dari Indonesia hingga berbagai tempat di dunia.


Selain berdoa bersama, hari Natal biasa dirayakan dengan makan-makan bersama keluarga besar. Tradisi makan bersama di malam Natal tak cuma bisa ditemukan di Indonesia, namun berbagai belahan dunia lainnya.

Tak heran jika akhirnya ada banyak sekali menu-menu hidangan khas Natal yang cita rasanya identik sebagai makanan khas Natal.

Supaya tak bosan dengan hidangan Natal yang itu-itu saja, yuk kenali berbagai menu makanan khas Natal yang biasa disantap saat malam Natal dari berbagai penjuru dunia!

1. Mince Pies – Inggris

Masyarakat Inggris sangat gemar dengan segala jenis kue pai. Untuk hidangan Natal, mereka biasa membuat kue pie dengan isi buah-buahan atau daging cincang (minced meat). Pie tersebut kemudian ditaburi gula halus.

Bisa dibayangkan cita rasa manis sekaligus gurih dari makanan khas Natal satu ini sangatlah lezat! Mince Pie sendiri sudah jadi menu panganan khas Natal di negara Inggris sejak abad ke-13, lho.

2. Sup Ayam Avgolemono – Yunani

Saat Natal tiba, negara-negara di belahan dunia barat sedang mengalami musim dingin. Di tengah guyuran salju dan cuaca dingin, makanan yang paling pas disantap adalah sup ayam hangat.

Di Yunani, keluarga-keluarga Kristiani biasa memasak sup ayam dengan tambahan lemon dan telur kocok yang disebut sebagai Avgolemono saat berkumpul bersama keluarga.

Karena tambahan lemon dan telur tersebut, hidangan makanan khas Natal ini punya cita rasa asin dan juga menyegarkan.

3. Feast of Seven Fishes – Italia

It’s a seafood galore! Keluarga-keluarga Italian-American biasa merayakan hari kelahiran Yesus dengan Feast of Seven Fishes, di mana mereka menyantap tujuh macam hidangan ikan dan seafood.

Hidangan khas Natal ini disajikan dalam tujuh cara berbeda, mulai dari digoreng, dilapisi saus tomat, dimakan bersama udang, dan lain-lain.

Di antara 7 macam resep makanan khas Natal tersebut, salah satu yang wajib ada di meja makan adalah ikan kod dingin dan kalamari.

4. Sachertorte – Austria

Sachertorte adalah kue cokelat yang pertama kali dibuat oleh Franz Sacher untuk Pangeran Austria pada perayaan Natal tahun 1832. Kue ini termasuk kue paling terkenal di Vienna, Austria.

Yang membuat sachertorte berbeda dari kue cokelat lainnya adalah lapisan selai aprikot di atas kue, yang kemudian ditutupi oleh dark chocolate sebagai icing. Disajikan dengan whipped cream, menu makanan khas Natal ini jadi kegemaran semua kalangan di Austria.

5. Stollen – Jerman

Menu makanan khas Natal selanjutnya adalah Stollen, panganan tradisional asal Jerman. Hidangan Natal ini berupa roti yang di dalamnya terdapat buah-buahan kering, kacang, kismis, atau cengkeh, dilapisi mentega, lalu ditaburi dengan gula halus.

Tampilannya sangat cocok dengan suasana meriah Natal. Stollen sudah dinikmati oleh penduduk Jerman sejak ratusan tahun lalu, tepatnya pada abad ke-15.

6. Black Rum Cake – Jamaika

Natal di Jamaika tidak lengkap tanpa kehadiran Black Rum Cake. Bahan utama makanan khas Natal ini adalah buah-buahan yang telah direndam dalam alkohol selama kurun waktu berminggu-minggu.

Warna gelap dari kue ini berasal dari campuran gula merah/gula cokelat. Black rum cake sangat cocok dinikmati dengan segelas kopi pahit atau teh. Tertarik untuk mencicipi menu hidangan khas Natal satu ini?

8. Pierogi – Polandia

Bagi masyarakat Polandia, makan daging saat malam Natal haram hukumnya. Oleh karena itu, mereka lebih suka menyantap dumplings –semacam pangsit­—berisi kentang tumbuk, keju, atau sauerkraut yang dinamakan Pierogi.

Dahulu, pierogi biasa dihidangkan dengan cara direbus, namun belakangan ini banyak juga orang yang gemar pierogi goreng. Makanan khas Natal ini biasanya dilumuri bermacam topping, mulai dari lelehan keju hingga bawang goreng.

9. Julbord – Swedia

Masyarakat Swedia biasa merayakan natal dengan menghidangkan berbagai macam makanan dan kue-kue yang disebut Julbord (Christmas table).

Makanan yang disantap antara lain: Kottbular (bakso), Knackebrod (roti kering), Isterband (sosis bakar dari daging babi), Janssons frestelse (kukusan kentang hangat). Meriah sekali bukan sajian Natal di Swedia?

10. Gingerbread

Makanan khas Natal selanjutnya yang sudah sangat populer di berbagai belahan dunia adalah Gingerbread alias kue jahe.

Tak ada catatan pasti mengenai darimana asal muasal dari kue tradisional khas Natal ini karena hampir di setiap negara memiliki resep kue jahe tersendiri.

Hanya saja, bentuk kue jahe khas Natal yang menyerupai bentuk anak-anak yang dihias dengan icing dipopulerkan oleh negara-negara barat sebagai makanan khas Natal yang sedap disantap kala musim dingin tiba.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *